Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Singkat Bahasa C++ dan Strukturnya

Daftar Isi:

Bahasa C memiliki banyak keahlian yang kerap digunakan antara lain keahlian buat membuat fitur lunak, misalnya dBASE, Word Star serta lain- lain. Seseorang pakar yang bernama Bjarne Stroustrup meningkatkan sebagian perihal dari bahasa C yang dinamakan“ C with Classes” yang pada mulanya diucap“ a better C” di tahun 1980 serta berubah nama pada tahun 1983 jadi C++ oleh Rick Mascitti, terbuat di Laboratorium Bell, AT&T. Pada C++ ditambahkan Object Oriented Programming( OOP)  konsep- konsep baru semacam class dengan sifat- sifatnya, yang memiliki tujuan utamanya merupakan menolong serta mengelola program yang besar serta lingkungan. Tata cara yang digunakan dalam riset ini merupakan tata cara Deskriptif, ialah dimana dengan tata cara ini cuma menggambarkan ataupun menganalis riset namun tidak digunakan buat membuat kesimpulan yang lebih luas. Sehingga bersumber pada hasil postingan tersebut hanya mangulas sejarah serta pertumbuhan struktur serta input output bahasa pemprograman C++.

Sejarah Singkat Bahasa Pemograman C++

Berbicara C++ umumnya tentu ada kaitannya dari C, sebagai bahasa pendahulunya.Brian W. Kerninghan,M. Ritchie serta Dennis Meter merupakan orang dibalik  terciptanya bahasa C pada tahun 1972, dan 10 tahun setelahnya lahirlah C++, oleh Bjarne Stroustrup dari Laboratorium Bell, AT&T. C++ cukup kompatible dengan bahasa pendahulunya yaitu C. Awalnya C++ diucap“ a better C“. Nama C++ terinspirasi dari operator increment pada C yang dicetus Rick Mascitti di tahun 1983. Keistimewaan yang sangat berarti dari C++ ini merupakan sebab bahasa ini menunjang Pemrograman Berorientasi Objek( OOP/ Object Oriented Programming). Program C++ bisa ditulis dengan memakai bermacam editor bacaan, mulai dari devc++,borland, notepad++,dan lain-lain.Ektensi dari C++adalah .CPP yang berasal dari kata C PLUS PLUS. Kompiler C++ digunakan untuk menjalankan sebuah program dari C++ itu sendiri.  

Perbandingan Antara Bahasa C serta C++

Bahasa C ialah bahasa pemrograman prosedural, yang mana penyelesaian atas sesuatu permasalahan dicoba dengan membagi suatu problem tersebut ke dalam bagian-bagian problem yang lebih kecil. Sebaliknya C++ ialah bahasa pemrograman yang mempunyai watak Object Oriented Programming( OOP). Buat menuntaskan permasalahan, C++ melaksanakan langkah awal dengan mendefinisikan class- class yang ialah a.- class yang terbuat tadinya bagaikan abstraksi dari  objek fisik .Class berisi kondisi objek, anggota, serta keahlian dari objeknya. Sehabis sebagian class terbuat, permasalahan dipecahkan memakai class.

Struktur Bahasa C++


Struktur program C++, sama seperti struktur program C yang terdahulu. Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, setiap fungsi terdiri dari satu atau beberapa pernyataan yang melaksanakan tugas tertentu.

Bentuk Umum :


Contoh :


Penjelasan :
1. #include <file-header> merupakan preprocessor pada C++ untuk pemanggilan file header yang memuat beberapa perintah-perintah dari C++ (contoh, apabila ingin menggunakan perintah cout maka harus menggunakan file header iostream.h)
2. main( ) merupakan awal mula dari blok program utama
3. tanda { dan } sebagai punctuator yang awal blok program hingga akhir blok program
4. cout merupakan perintah keluaran pada C++
5. return 0; apabila ditempatkan sebelum funtuator }, maka berfungsi sebagai penahan dari tampilan hasil.


Langkah- Langkah Menuliskan program dalam dev c++

  • Buka Dev c++ terlebih dahulu, jika belum punya bisa download 


Tampilan Awal Dev C++

  • Tulis source code program bahasa C++.
  • Source code C++ dapat ditulis pada Dev C++.
  • Kompile program dengan cara ketik fn+f9.
  • Kemudian save dengan ekstensi .cpp.
  • Run hasil compile dengan ketik fn+f10.



Sumber : Sejarah_Pemrograman_C_dan_Perkembangannya

Post a Comment for "Sejarah Singkat Bahasa C++ dan Strukturnya"

Berlangganan via Email